Waspada! Penipuan Minta Pulsa Lewat Hack BBM Mulai Beredar di Kudus

Screenshoot percakapan BBM yang di hack pelaku minta pulsa. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Screenshoot percakapan BBM yang di hack pelaku minta pulsa. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Penipuan dengan cara meminta pulsa, seperti ”Mama Minta Pulsa” memang sudah tidak marak. Namun kini muncul penipuan baru, yaitu minta pulsa dengan cara yang lebih canggih.

Penipuan minta pulsa kali ini dengan cara meng-hack blackberry messenger (BBM) seseorang. Kemudian isi kontak dalam BBM tersebut dikirim pesan untuk meminta pulsa ke nomor yang ditentukan.

Seperti halnya yang menimpa Ketua Komisi D DPRD Kudus Mukhasiron, Jumat (12/11/2015). BBM miliknya di hack dan pelaku mengirimkan pesan kepada kontak dalam daftar BBM miliknya.

Awalnya, pelaku mengecek nomor di ponsel dengan cara di “PING!!”. Setelah mendapatkan respon, kemudian pelaku langsung meminta tolong untuk dikirimkan pulsa ke nomor yang sudah ditentukan.

”Aku mau minta tolong ni, Bisa isikan dlu plsa ntar aku ganti uangnya,” kata pelaku di BBM yang dibajak.

Nominalnya yang diminta, kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Anehnya, satu korban dengan korban lainnya diminta untuk mengirimkan pulsa ke nomor yang berbeda satu dengan lainnya dan bukan nomor pemilik sebenarnya.

Dengan kejadian tersebut, pemilik akun BBM juga dirugikan. Nama baiknya yang digunakan oleh orang yang memanfaatkannya, digunakan untuk meminta pulsa.

”Iya, BBM saya di hack seseorang. Abaikan saja pesan yang muncul dari sana,” kata Mukhasiron.
Adanya kasus tersebut harus membuat lebih waspada. Sebab jika seorang ketua Komisi saja bisa di hack, maka siapa tahu kelak giliran yang lain yang kena.
Seperti diimbau anggota komisi D Mawahib, siapapun bisa terkena modus semacam itu. Jadi harus lebih hati-hati.

”Tolong abaikan jika ada yang minta transfer pulsa atas nama Mk (Mukhasiron). Bisa jadi besok yang di hack saya atau panjenengan semua. Waspadalah,” katanya. (FAISOL HADI/TITIS W)