Gara-gara HP Tertinggal di Rumah Korban, Kawanan Penjahat Ini Tak Berkutik

Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Agung Ariyanto menunjukkan barang bukti dan hasil kejahatan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Agung Ariyanto menunjukkan barang bukti dan hasil kejahatan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Terungkapnya identitas pelaku kejahatan yang membobol rumah Sudarjo, warga Candisari, Kecamatan Purwodadi, ternyata berawal dari HP pelaku yang tertinggal di dalam rumah korban.

Kemungkinan, salah satu pelaku, Saifudin alias Gali agak kaget ketika tiba-tiba pemilik rumah yang disatroni sekitar pukul 22.00 WIB itu, mendadak sudah pulang. Pelaku yang tidak menyangka tuan rumah sudah datang, kemudian bermaksud melarikan diri usai mengambil beberapa barang berharga.

Namun, Sudarjo yang tahu rumahnya kedatangan tamu tak diundang mencoba mengejar dan terjadilah perkelahian di dalam rumah. Upaya Sudarjo untuk meringkus pelaku akhirnya gagal karena ketika bergumul, kaos pelaku sempat terlepas ketika hendak dibekuk. Hal ini menyebabkan pelaku akhirnya punya kesempatan untuk melarikan diri melalui pintu belakang.

“Setelah ada peristiwa itu, pelaku kemudian memeriksa barang berharga yang disimpan di rumah. Ternyata, uang Rp 3,6 juta dan satu buah gelang emas tidak ada lagi di tempatnya. Selanjutnya, korban melaporkan peristiwa itu pada pihak kepolisian,” ujar Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Agung Ariyanto.

Saat memeriksa TKP, petugas mendapati ada satu buah handphone warna hitam di ruang belakang. Ketika ditunjukkan, pemilik rumah merasa tidak memiliki HP tersebut.

Setelah diselidiki lebih lanjut, HP itu ternyata milik salah satu pelaku, yakni Saifudin. Kemudian, petugas terus melakukan pengembangan hingga akhirnya berhasil menangkap pelaku saat melintas di Jalan Purwodadi-Semarang.

”Saat ditangkap, kedua pelaku sempat mengelak telah melakukan aksi kejahatan di di rumah Sudarjo. Namun, setelah kita tunjukkan bukti-bukti, keduanya akhirnya mengakui perbuatannya,” kata Agung. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)