Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Inilah Alasan Desa di Kudus Ini Dinamai Barongan



Reporter:    /  @ 13:38:08  /  31 Oktober 2015

    Print       Email
Barongan (e)

Pagelaran barongan sering ditampilkan pada acara-acara besar di daerah Kudus, karena sebagai salah satu kebudayaan yang dimiliki Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

KUDUS – Setiap desa, memiliki sejarah tersendiri dalam pemilihan namanya. Begitu pula dengan Desa Barongan, terdapat sebuah sejarah yang panjang dengan pembentukan nama tersebut.

Desa Barongan, yang terdapat di Kecamatan Kota memiliki hubungan dengan Sunan Muria, diceritakan Pakar Sejarah Sancaka Dwi Supani, asal mula Desa Barongan adalah dengan cikal bakal bernama Mbah Barong, seorang santri Sunan Muria yang mengajarkan agama di daerah tersebut.

”Jadi dahulu, mbah Barong mengajarkan ilmunya di sini, setelah diminta kanjeng Sunan Muria untuk mengamalkan ilmu yang diperoleh,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Dalam mengamalkan ilmunya, mbah Barong juga mengajarkan sebuah kesenian lokal yakni barongan. Para santri di pondok buatannya yang terbuat dari bambu, diajari kesenian tersebut.

”Dari situlah daerah dinamai Desa Barongan, karena cikal bakal yang bernama Mbah Barong dan Kesenian Barongan,” imbuhnya.

Mbah barong wafat pada 15 Muharram, jadi setiap 15 Muharram dilakukan pengajian dan haul mbah Barong. (FAISOL HADI/TITIS W)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →