Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Setengah Jam Diguyur Hujan, Petani Undaan Kegirangan



Reporter:    /  @ 10:54:42  /  31 Oktober 2015

    Print       Email
Petani Undaan Kegirangan (e)

Salah satu petani mengecek sawahnya yang semalam tadi diguyur hujan, tentunya membuatnya senang karena menunjang untuk proses pemupukan pertama. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

KUDUS – Turunnya hujan pada Jumat (30/10/2015) petang kemarin selama 30 menit, membuat girang petani di seluruh Undaan. Pasalnya hujan turun tersebut bertepatan dengan waktu pemupukan tanaman padi. Sehingga petani berharap turunnya hujan tersebut bisa membantu proses pemupukan semakin merata.

Petani wilayah Sambung, Kecamatan Undaan Winarno mengatakan, meskipun hanya setengah jam hujan, namun tanaman padi yang berusia sekitar 25 hari tersebut bisa nampak hijau. Selain itu, usia 25 hari tersebut merupakan waktu yang cocok untuk pemupukan tahap pertama.

Dia menilai, setelah turunnya hujan tersebut juga pasti akan dimanfaatkan petani lainnya untuk melakukan pemupukan padi pada esok harinya. Sehingga memudahkan padi menyerap pupuk.

”Bila tanaman itu tumbuh segar, hijau alami, maka penyerapan pupuk juga akan cepat ke ranting tanaman. Sedangkan bila tanaman itu nampak layu, kuning maka penyerapan zat pupuk akan lamban. Bahkan pemupukan tersebut dapat diulang kembali,” paparnya.

Dia menambahkan, memang setelah hujan turun tadi malam, saat ini para petani banyak yang melakukan pemupukan padi. Sebab mereka juga tidak ingin ketinggalan segarnya tanaman padi tersebut. Sehingga mereka langsung ke sawah memupuk dan menyemprot tanamannya. (EDY SUTRIYONO/TITIS W)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →