Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Bisnis Bibit Jambu di Pati Prospeknya Luar Biasa, Ini Buktinya!



Reporter:    /  @ 10:12:30  /  31 Oktober 2015

    Print       Email
Bisnis Bibit Jambu (e)

Abdul Kalim, petani jambu asal Desa Kuryokalangan tengah menghidupkan pompa air untuk menyirami bibit jambu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

PATI – Sekali kayuh, dua tiga pulau terlampaui. Begitu bisnis yang dilakoni Abdul Kalim, petani jambu asal Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus.

Tak hanya budidaya jambu, Kalim juga membuat sepetak lahan untuk mengembangkan bibit dan dijual kepada petani jambu dari berbagai daerah. Beragam jenis bibit jambu unggulan pun ia tanam, mulai jambu citra, jambu madu, dan banyak lagi lainnya.

”Dalam bisnis, jika permintaan banyak dan ketersediaan sedikit pasti menjanjikan. Di Pati, bibit jambu yang disukai pasaran masih minim. Ini menjadi peluang yang menjanjikan. Hanya butuh keterampilan cangkok tanaman dan ketelitian, kita bisa kembangkan bisnis ini,” ujar Kalim kepada MuriaNewsCom, Sabtu (31/10/2015).

Ia mengatakan, satu bibit jambu ia hargai dengan murah. Ukuran 60 hingga 70 cm saja, ia hanya mematok Rp 20 ribu saja.

Salah satu keuntungan yang luar biasa, kata dia, ketika ada petani jambu yang membuka lahan baru dan membutuhkan ratusan bibit jambu cangkokan. ”Per seratus bibit jambu saja, kita sudah bisa mengantongi Rp 2 juta,” tukasnya. (LISMANTO/TITIS W)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →