Anda Menemukan Fosil Purbakala dan Mau Dapat Uang? Begini Caranya

Penemu fosil menerima bantuan di Balai Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Penemu fosil menerima bantuan di Balai Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Bagi masyarkat penemu fosil purba, baik itu fosil manusia, alat purba hingga hewan purba seperti gajah dan rusa, diharapkan memberikan hasil penemuannya ke pemerintah. Setelah itu, pemerintah akan menindak lanjut untuk disalurkan ke Sangiran untuk diperiksa.

Hal itu diungkapkan Rus Mulia, Kepala Seksi Perlindungan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP). Menurutnya warga yang menemukan fosil agar dapat diberikan kepada pemerintah terdekat. Baik itu desa maupun dari UPT museum Patiayam.

“Kalau sama kami harusnya bagus. Namun karena jauh, maka dapat dilakukan dengan memberikan kepada pemerintah terdekat, dan nantinya akan ditindak lanjutkan ke kami untuk kemudian kami periksa,” katanya.

Setelah diperiksa, tim akan mengetahui fosil yang diketemukan. Kemudian akan diberikan tali asih sesuai dengan batang yang ditemukan warga. Namun, fosil yang ditemukan juga harus sesuai dengan prosedur yang berlaku pula.

Kabid Pariwisata Kudus Supratiwi membenarkan hal tersebut. Bagi warga yang melaporkan akan ditindak lanjut dengan melampirkan ke Sangiran. Dan warga tidak perlu khawatir lantaran data tidak akan tertukar dengan penemu lainnya.

“Kami imbau untuk melaporkan, daripada nanti diproses hukum dan dijerat dengan aturan yang diberlakukan,” jelasnya. (FAISOL HADI/AKROM HAZAMI)