Jembatan Saripan Rusak, Truk Pengangkut Limbah Disebut Jadi Biang Kerok

Jembatan di Jalan Pangeran Sarif, Kelurahan Saripan, Jeparaterlihat melengkung dan nyaris roboh (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Jembatan di Jalan Pangeran Sarif, Kelurahan Saripan, Jeparaterlihat melengkung dan nyaris roboh (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Jembatan yang berada di Kelurahan Kecamatan kota Jepara,tepatnya di Jalan Pangeran Sarif mengalami kerusakan, sehinggamembahayakan pengendara yang melintas. Warga sekitar menduga,
kerusakan jembatan tersebut karena dilintasi kendaraan bermuatan beratdan tidak sesuai dengan ukuran jembatan tersebut.

“Jembatan itu rusak diketahui setelah ada truk besar yang melintas,”ujar Iwan, salah seorang warga yang tinggal disekitar jembatan tersebut kepadaMuriaNewsCom, Jumat (16/10/2015).

Menurutnya, ada beberapa truk yang melintas di jembatan tersebut.Bentuknya sendiri seperti truk yang biasa dijadikan pengangkut limbahPembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B.

“Meski begitu, kami belum bisa memastikan apa benar itu trukpengangkut limbah atau tidak. Ukurannya besar dan jalannya cukuppelan, kelihatan kalau mengangkut barang dengan ukuran berat sekali.Padahal ukuran jembatan disini sangat kecil,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, besi penyangga jembatan tersebut kondisinyasudah rusak alias keropos. Dari pantauan MuriaNewsCom, jembatantersebut memang mengalami kerusakan. Bahkan, kondisi jembatan
melengkung atau sedikit anjlok ke bawah, sehingga cukup mengkhawatirkankeselamatan pengendara yang melintas di jembatan itu.

Saat ini, jembatan tersebut ditutup bagi kendaraan rodaempat atau lebih, dengan memasang drum di ujung jembatan, oleh pihakDinas Bina Marga Pengairan dan ESDM setempat. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)