Wali Murid Diajak Pantau Perkembangan Siswa

smp-2-kaliwungu

Pihak sekolah melaporkan perkembangan peserta didik kepada orangtua atau wali murid (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Untuk memacu perkembangan pendidikan peserta didik, wali murid diminta untuk berperan aktif dalam memantau perkembangan siswa ketika berada di rumah. Sehingga, proses pembelajaran tidak hanya ketika berada di sekolah saja.
Kepala SMP 2 Kaliwungu Kudus Darwoto mengatakan, dengan adanya peran orangtua atau wali murid tersebut, diharapkan ada sinergi antara pihak sekolah dan orangtua. Karena menurutnya, pendidikan bukan hanya di sekolah saja.

Menindaklanjuti hal ini, pihaknya mengundang wali murid ke sekolah, untuk melakukan koordinasi dan menekankan agar peran orangtua juga sangat penting dalam pendidikan anaknya.

“Setidaknya bila wali murid dikumpulkan, diarahkan, serta diberitahuperkembangan yang positif terhadap anak didiknya, maka walimurid tersebut juga akan senang. Makanya, ke depan kami berharap orangtua juga bisa lebih intens lagi dalam memantau perkembangan pendidikan anaknya,” katanya.

Pihaknya juga berharap, perkembangan masing-masing anak ketika di rumah, diharapkan dapat dilaporkan secara berkala kepada pihak sekolah. Sehingga, ketika muncul sebuah kendala, pihak sekolah melalui bimbingan konseling, dapat mencarikan solusinya.

“Bila wali murid mau bekerja sama untuk saling memantau atau salingmelaporkan kegiatan siswa, maka siswa akan terkontrol. Sehingga kegiatan belajar mengajarnya juga akanberjalan efekif dan maksimal,” imbuhnya. (EDY SUTRIYONO/KHOLISTIONO)