Penjual Kopi Ketiban Rezeki dari Perhelatan Sail Indonesia

Ilustrasi

Ilustrasi

 

JEPARA – Tak hanya biro perjalanan wisata saja yang ketiban berkah dengan adanya Sail Indonesia di Karimunjawa. Tapi juga sejumlah warga di Karimunjawa, terutama para pengusaha seperti penjual souvenir dan yang lainnya.

Hal itu seperti yang dialami oleh salah seorang pengelola kedai kopi di Karimunjawa, Djati Utomo. Menurutnya, sejak berlangsungnya acara Sail Indonesia, kedai yang dikelolanya banyak dikunjungi wisatawan terutama wisatawan luar negeri.

”Sejak ada peserta Sail Indonesia datang di Karumunjawa, banyak wisatawan asing yang kemari untuk ngopi,” kata Djati kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, kondisi itu berbeda dengan hari-hari biasanya. Meski biasanya ada wisatawan asing, tapi tak seramai ketika Sail Indonesia ini.Bahkan, kata Djati, tidak hanya kedai dan kafe yang kebanjiran tamu asing, pedagang souvenir di seputar Alun-alun Karimunjawa, juga mendapatkan berkah dari perhelatan Sail Karimunjawa kali ini.

”Sail kali ini ada dampak baiknya bagi pelaku pariwisata di Karimunjawa. Mulai dari pedagang souvenir, usaha rental sepeda motor, pengelola kafe, semua merasakan keuntungan,” imbuhnya. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)