Nelayan Bondo Gelar Sedekah Laut Unik

Nelayan dan warga di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara, ketika menggelar sedekah laut dan larung sesaji. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Nelayan dan warga di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara, ketika menggelar sedekah laut dan larung sesaji. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Nelayan di kawasan Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara, bersama warga sekitar menggelar sedekah laut, pada Kamis (8/10/2015). Sedekah laut ini digelar setiap satu tahun sekali sebagai wujud rasa syukur warga yang memang mayoritas berprofesi sebagai nelayan tersebut.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Jepara, Sudiyatno menyampaikan, sedekah laut digelar oleh para nelayan. “Kami sangat mengapresiasi pegelaran sedekah laut ini. Sebab, dengan sedekah laut ini sebagai wujud syukur pada nelayan,” katanya.

Menurutnya, tradisi lokal seperti ini sangat positif. Diharapkan bisa dilaksanakan oleh semua nelayan di Jepara. Sebab menjaga kerukunan warga. Pihaknya juga menyampaikan harapan agar tidaka da pengkotak-kotakan wilayah nelayan yang ada di Kabupaten Jepara agar tetap bersatu dan menjaga kerukunan.

Sedekah laut ini tidak hanya ditujukan semata bagi rasa syukur serta doa agar nelayan tetap bisa hidup dari laut. Tapi juga untuk petani. Sebab warga Bondo sebagian juga hidup dari pertanian. Hal itu dibuktikan dengan adanya gunungan yang tak hanya berisi hasil tangkapan laut, tapi juga hasil bumi seperti sayur-sayuran. Setelah didoakan, gunungan itu diperebutkan oleh warga sebelum larung sesaji dilakukan. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)