Ini Lho Cara Hitung Usulan UMK yang Berpotensi Bentrok

Ilustrasi

Ilustrasi

 

KUDUS – Cara menghitung usulan UMK bukanlah pekerjaan yang gampang. Bahkan setiap tahun selalu terjadi bentrokan antara Pemkab Kudus, SPSI dan Apindo.
Meski demikian, dalam menentukan angka UMK terdapat pedoman yang jelas. Setidaknya beberapa aspek berikut harus dilakukan sebelum nominal usulan diperoleh.

Hal itu disampaikan Kepala Dinsosnakertrans Kudus Ludhful Hakim. Menurutnya, dalam menentukan usulan UMK harus memperhatikan nilai KHL yang ditentukan dari tim survei.

“Selain KHL selama Year to Year, juga dipertimbangkan pula prediksi survei pada Desember. Hal itu juga menjadi acuan dalam menentukan angka UMK untuk para buruh di Kudus,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Dia juga mengatakan, hal lain yang menjadi pertimbangan adalah pada inflasi selama satu tahun di Kudus. Hal itu juga menjadi dasar dalam memprediksi kebutuhan masyarakat di 2016 dan dibahas dalam usulan.

“Setelah itu, barulah diadakan dapat dengan dewan pengupahan untuk menentukan angka UMK,” jelasnya. (FAISOL HADI/AKROM HAZAMI)