Partisipasi Pemilih Pilkada Grobogan Ditarget 77,5 Persen

Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah M Hakim Junaidi saat menyampaikan materi pada FGD (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah M Hakim Junaidi saat menyampaikan materi pada FGD (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Selain lancar dan aman, salah satu barometer suksesnya pelaksanaan pemilu termasuk pilkada adalah besarnya warga yang menggunakan hak pilih.

Hal itu disampaikan komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah M Hakim Junaidi saat menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Aula Kantor KPU Grobogan hari ini.

“Setelah pelaksanaan pemilihan, selalu muncul pertanyaan utama dari banyak pihak. Yakni, berapa besar angka partisipasi pemilih yang menggunakan hak suaranya,” katanya.

Terkait dengan pilkada serentak tahun ini, Hakim menargetkan angka partisipasi pemilih bisa sampai 77,5 persen. Meski angka itu cukup tinggi, Hakim optimis KPU di daerah bisa mencapai target tersebut. Sebab, sejauh ini sudah cukup banyak upaya yang dilakukan dalam mendongkrak kesadaran pemilih untuk menggunakan hak pilihnya.

Dalam kesempatan itu, Hakim juga meminta agar koordinasi antar lembaga yang berkaitan dengan Pilkada dilakukan secara rutin, misalnya sebulan sekali. Hal itu perlu dilakukan agar jika muncul permasalahan mendadak dan mendesak bisa ditangani dengan cepat. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)