Gara-gara Akik, Cucu Aniaya Kakek Sampai Terluka Parah

jelang persidangan putusan kasus cucu aniaya kakek gara-gara akik di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

jelang persidangan putusan kasus cucu aniaya kakek gara-gara akik di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Pamor akik ternyata tak selalu membawa keuntungan. Justru di Jepara ini, hanya gara-gara akik, seorang pemuda tega menganiaya kakeknya sendiri hingga terluka parah.

Dia adalah Rifan suudi (24), warga desa Beringin Rt 5, Rw 3, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Rifan tega menganiaya kakeknya sendiri bernama Kaskmuni (75).

Penganiayaan tersebut dilakukan pada minggu 14 Juni 2015 lalu, sekitar pukul 16.30 WIB di kediaman korban. Kasus tersebut telah dilaporkan ibu kandung pelaku sendiri ke pihak kepolisian.

Saat ini kasus tersebut sudah melalui beberapa persidangan, dan hari ini dijadwalkan sidang putusan terhadap terdakwa.

Jaksa Penuntut Umum pada kasus ini, Basuki Eko Y mengatakan, pelaku atau terdakwa memang melakukan kekerasan kepada kakeknya sendiri lantaran tak diberi akik oleh kakeknya.

“Kronologinya, korban duduk di rumah, kemudian datang terdakwa. Terdakwa merebut akik milik korban dengan mengancam milih mati atau milih hidup dengan menyerahkan akik. Namun korban menolak kemudian terjadi tarik menarik dan pemukulan dengan tangan kosong dan dengan pecahan genteng hingga korban terluka berat,” kata Basuki.

Sampai saat ini, proses persidangan baru akan dimulai. Terdakwa dituntut sekitar enam bulan penjara dengan pasal kekerasan dalam rumah tangga, yakni pasal 44 ayat 1 UU nomor 23 tahun 2014. Sesuai jadwal, persidangan ini akan dipimpin hakim Kun Triharyanto. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)