Rayakan Hari Jadi Kudus dengan Kirab Budaya atau Carnival?

Ilustrasi

Ilustrasi

 

KUDUS – Rangkaian acara hari jadi Kudus ke 466, masih belum berakhir. Rencananya sebentar lagi bakal ada agenda Kirab Budaya yang bertemakan Gusjigang. Hanya dalam kemeriahan tersebut membingungkan para peserta, lantaran ada dua putusan. Yakni antara Kirab Budaya dengan Carnival.

Seperti halnya yang diutarakan dari UPT Kecamatan Jati Supriyadi Santoso. Menurutnya, sebagai perancang kirab asal Jati, pihaknya masih bingung mengenai aturan Kirab Budaya.

”Hasil rapat masih belum jelas. Masih bingung antara Kirab Budaya Gusjigang ataukah yang modern dengan bentuk Carnival,” katanya saat ditemui MuriaNewsCom.

Menurutnya, jika melihat dari tema yang diangkat, seharusnya tema kirab adalah murni dari budaya. Bukan hanya budaya umum saja, melainkan juga budaya dan adat Kudus secara keseluruhan.

Selain itu, jika dilakukan Carnival, maka waktu yang tersedia juga semakin mepet. Sebab pelaksanaannya 10 Oktober mendatang, sehingga persiapannya dikhawatirkan kurang matang.

”Kalau Carnival juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit,” jelasnya. (FAISOL HADI/TITIS W)