Hati-hati, Ada Penjual Misterius Tawarkan Batu Akik Kebal Santet, Uang Jutaan Rupiah Melayang

Aktivitas jual beli batu akik di kawasan Alun-alun Pati. Popularitas batu akik kini dimanfaatkan oknum yang menipu pembeli. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ilustrasi transaksi batu akik. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Sejumlah penjual batu akik misterius yang membawa mobil hitam di kawasan Kecamatan Tambakromo mengejutkan warga. Sekali buka lapak, mereka berhasil menjual batu akik yang katanya bisa menolak teluh, santet, dan maling kepada 35 warga.

Sarto, warga Desa Kedalingan, Kecamatan Tambakromo kepada MuriaNewsCom, Kamis (1/10/2015) mengaku bukan penggila akik. Namun, ia tiba-tiba bisa tertarik dan merogoh kocek hingga Rp 800 ribu.

”Kamis kemarin, ada segerombolan orang, saya kira ada kecelakaan. Ternyata ada orang bertelanjang dada dengan muka dicoret warna putih tengah bersila di tengah-tengah tali tampar plastik. Warga yang menonton diminta menginjak tampar. Setelah itu depan tampar disiram air secara melingkar,” curhat Sarto.

Selanjutnya, kata dia, setiap warga diberikan batu akik dan diminta untuk menggenggam. Salah satu warga dipotong rambutnya menggunakan pisau dan putus.

”Warga diminta membuka tangan dan penjual meneteskan air warna hijau pada batu akik. Setelah itu, salah satu rambut warga dipotong lagi dan tidak mempan. Lantas, warga percaya bahwa batu akik bercampur air warna hijau itu mengandung tuah,” cerocosnya.

Penjual juga mengatakan, batu akik yang ia jual bisa melindungi pemakai dari teluh, sihir, guna-guna, santet maupun maling. Di tengah pengaruh hipnotis, warga mematuhi setiap perkataan penjual.

Tanpa ragu, semua uang yang dibawa warga diserahkan penjual akik. ”Saya sendiri bayar batu akik itu senilai Rp 800 ribu, ada juga yang memberi Rp 1,5 juta. Ada sekitar 35 warga yang tertipu. Orangnya membawa mobil hitam dan kabur entah ke mana,” imbuhnya.

Ia berharap agar warga segera melapor ke pihak kepolisian jika ada peristiwa serupa. ”Saya bingung mau lapor polisi. Pelakunya tidak kenal, identitasnya apa lagi,” tandasnya. (LISMANTO/TITIS W)