Peserta Sail Indonesia Bakal Disambut Tarian dan Makanan Khas Jepara

www.educare.co.id

www.educare.co.id

 

JEPARA – Guna menyambut peserta Sail Indonesia yang dijadwalkan singgah di Karimunjawa pada 5-8 Oktober nanti. Pemkab Jepara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara bakal memberikan berbagai suguhan khas.

Kepala Disparbud Jepara Mulyaji mengatakan, sejumlah sajian kesenian dan makanan tradisional siap disuguhkan bagi para pelaut kapal layar tersebut. Di antaranya, tarian tradisional dan makanan khas Jepara.

Menurut dia, persiapan dilakukan jauh-jauh hari dengan koordinasi bersama Dinas Pariwisata Provinsi Jateng serta pihak Kecamatan Karimunjawa. ”Selain bekerja sama dengan Dinas, kami juga bekerja sama dengan masyarakat Karimunjawa. Nantinya akan ada rentetan agenda acara. Yang jelas nanti para peserta Sail Indonesia ini tiba, akan disambut dengan kesenian dan penampilan kebudayaan khas Karimunjawa,” ujar Mulyaji kepada MuriaNewsCom.

Mengingat kondisi cuaca laut yang tengah memasuki musim timuran, kondisi tersebut dapat mempengaruhi niat peserta Sail untuk singgah di Karimunjawa. Seperti pengalaman tahun sebelum-sebelumnya, jumlah kapal yacht yang singgah di Karimunjawa meleset dari harapan semula.

”Mudah-mudahan minimal 16 kapal itu singgah semua, karena saat ini memang sedang memasuki musim timuran yang cuacanya juga tidak baik,” imbuhnya. (WAHYU KZ/TITIS W)