Pedagang Inginkan Ada Pengembangan Kualitas Pasar Tradisional

Pasar tradisional pusat kerajinan Kalinyamatan yang mangkrak akibat tidak ada pengembangan dan keseriusan (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Pasar tradisional pusat kerajinan Kalinyamatan yang mangkrak akibat tidak ada pengembangan dan keseriusan (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Sejumlah pedagang pasar tradisional di Kabupaten Jepara berharap agar pemerintah melakukan pengembangan dan perbaikan yang optimal pada pasar tradisional. Agar dapat bersaing dengan pasar maupun toko modern yang merebak di sejumlah wilayah di Jepara.

Hal itu diungkapkan Ketua Paguyuban Pasar Kalinyamatan Jepara, Masri. Menurut dia, selama ini pengembangan pasar tradisional cenderung mandek. Sehingga para pedagang berharap agar ada pengembangan dan perbaikan yang berkelanjutan.

”Harapannya juga pemerintah harus cepat merespon gejala masyarakat. Perilaku masyarakat yang sudah banyak beralih kepada pasar atau toko modern itu, menandakan pasar tradisional sudah harus dilakukan revitalisasi,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, pemerintah serta stakeholder yang ada harus mampu menciptakan inovasi dalam pasar tradisional, agar tak kalah bersaing dengan pasar modern yang kini merebak. Namun demikian, pihaknya tak menyepakati terlalu menjamurnya minimarket di Jepara. Pemerintah harus dapat mengatur dan membatasi.

”Makanya, dalam pembahasan terkait Ranperda tentang pasar di DPRD Jepara, kami berharap ada upaya yang serius untuk melindungi pasar tradisional,” imbuhnya. (WAHYU KZ/TITIS W)