Kayak Anak Sekolah, Jalan di Jepara Ini Juga Naik Kelas Lho

Jalan bundaran Ngabul yang turun menjadi jalan yang telah menjadi jalan nasional sesuai SK yang turun dari kementerian terkait. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Jalan bundaran Ngabul yang turun menjadi jalan yang telah menjadi jalan nasional sesuai SK yang turun dari kementerian terkait. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Pengajuan jalan provinsi dari wilayah Kecamatan Welahan hingga Keling Kabupaten Jepara menjadi jalan nasional telah disetujui. Tak hanya itu, Surat Keputusan (SK) terhadap persetujuan itu sudah turun.

Kepala Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (DBMP-ESDM) Kabupaten Jepara, Budiarto mengatakan, status jalan provinsi dari Kecamatan Welahan hingga Kecamatan Keling dialihkan menjadi jalan nasional.

Menurut dia, jalur antar kabupaten yang menghubungkan Jepara dengan Demak – Semarang tersebut secara resmi dinyatakan dalam surat keputusan (SK) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“SK dari kementerian itu sudah turun beberapa waktu yang lalu,” kata Budiarto kepada MuriaNewsCom.

Lebih lanjut dia mengatakan, penetapan jalan provinsi menjadi jalan nasional itu dilatari berbagai faktor. Salahsatunya, karena Jepara memiliki sejumlah aset nasional seperti PLTU Tanjung Jati B dan destinasi wisata Karimunjawa. Namun selama ini jalur penghubung aset nasional itu belum diakui sebagai jalan nasional. Dengan demikian kelas jalan pun berbeda. Sebab itu, peningkatan jalan mendesak untuk diajukan.

“Jika sudah menjadi jalan nasional, maka penganggarannya menggunakan APBN,” imbuhnya. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)