Iritasi Kulit Karena Alergi Kosmetik? Ini Beberapa Tandanya

www.pinterest.com

www.pinterest.com

 

KUDUS – Dalam penggunaan kosmetik, tidak semua seseorang cocok menggunakannya. Karena jenis kulit setiap orang berbeda, tentunya tidak semua cocok dengan produk yang dipakai.

”Dan reaksi penolakan, biasanya dalam bentuk alergi, di area kulit yang terkena produk tersebut,” ujar Yooshy Kartika Sari salah satu dokter estetika di Muntira Skincare Kudus.

Alergi yang ditimbulkan oleh ketidak cocokan kosmetik bisa bermacam-macam. Menurut Yooshy, yang paling terlihat jika kulit mengalami alergi adalah timbulnya kemerahan, rasa panas, dan gatal serta timbul bentol. Bahkan dalam kondisi parah menyebabkan kulit mengeluarkan cairan. Untuk itu, sebelum membeli usahakan untuk mencobanya terlebih dahulu.

”Untuk produk kosmetik di pasaran biasanya diberi tester. Manfaatkanlah tester tersebut,” ungkapnya.

Namun saat mencoba tester, jangan langsung mengambil keputusan ditempat. Sebab pada beberapa kulit baru dapat merespon alergi dalam waktu yang lama. ”Tunggu hingga maksimal 30 jam atau satu hari sebelum memutuskan untuk menggunakannya,” imbuhnya.

Bahkan untuk produk alamipun dapat berpotensi membuat kulit alergi. Karena bahan alami juga merupakan suatu zat yang mungkin saja tidak cocok dengan kulit. Meskipun tingkat kecocokannya rendah.

Selain kosmetik, penggunaan produk lain juga dapat diketahui cocok atau tidaknya setelah kurang lebih 1 hari. (AYU KHAZMI/TITIS W)