Alasan Kenapa Bus Kini Dijauhi Masyarakat

Bus tampak melintas di jalan di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

Bus tampak melintas di jalan di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Terminal Jetak yang terletak di Kecamatan Kaliwungu Kudus menjadi salah satu pemberhentian bus dan angkot perbatasan Kudus-Jepara. Terminal yang tergolong vital tersebut saat ini sepi. Hal tersebut dapat terlihat dari sedikitnya bus yang masuk ke area terminal.

Bejo Sutrisno, staf retribusi terminal Jetak mengatakan saat ini banyak dari kondektur dan sopir bus yang mengeluh semakin berkurangnya jumlah penumpang setiap harinya. “Sehingga berpengaruh pula pada omzet retribusi yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kudus, ” ungkapnya.

Hal tersebut sudah berlangsung lama. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya adalah budaya masyarakat yang lebih memilih membawa kendaraan pribadi.

“Setelah diamati memang karena kebiasaan masyarakat yang kini sudah bergeser dengan membawa kendaraan seperti motor sendiri yang dianggap lebih praktis, ” imbuhnya.

Suhartini,salah satu karyawan pabrik di Kudus mengatakan dulunya memang dirinya bersama teman-teman lebih mengandalkan bus. “Sekarang harga motor bisa dicicil murah dan untuk sehari-harinya sudah terbiasa membawa motor. Jadi lebih praktis, ” ungkapnya.

Apalagi dengan kredit kendaraan saat ini yang tergolong murah dan mudah sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk membeli kendaraan pribadi ke manapun. (AYU KHAZMI/AKROM HAZAMI)