Keren! Dengan Sedikit Sentuhan, Pemuda Ini Bisa Raup Untung Jutaan Rupiah dari Sandal Jepit

Sandal jepit ukir karya M Nur Fawaid, warga Desa Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Sandal jepit ukir karya M Nur Fawaid, warga Desa Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Kreatifitas seseorang memang tak ada habisnya. Berbagai cara dapat dilakukan oleh seseorang untuk sekedar berekspresi hingga menghasilkan keuntungan finansial. Salah satu pemuda ini memiliki inovasi yang cukup menarik dan tak boleh dipandang sebelah mata.

Dia berhasil memanfaatkan sandal jepit yang biasa digunakan alas kaki menjadi sebuah hiasan yang menarik. Dia mampu membuat gambar dengan cara mengukir berbagai bentuk diatas sandal jepit sehingga nilai jual sandal jepit yang semula berkisar Rp 10 ribu, bisa menjadi Rp 50 ribu bahkan lebih dari itu.

Pemuda ini bernama M Nur Fawaid, warga  Desa Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo Jepara. Dia memulai mengukir sandal jepit sekitar 2013. Kreatifitas itu dapat meningkatkan nilai, jauh dari bahan produk itu sendiri.

Fawaid bercerita, semua itu berangkat dari kreatifitas kecil yang dilakukan terus menerus. Ia mulai melakukannya sewaktu masih belajar di Pondok Pesantren Nurul Huda, Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan asuhan KH Abdul Ghani.

Ia mulai melirik aktifitas mengukir sandal di pondoknya karena memiliki unsur kreatif, menyenangkan dan menguntungkan. Fawaid perlahan dapat memberikan motif di atas sandal jepit karet yang polos itu berkat seniornya di pondok.

”Saya jual melalui orang per orang. Selain itu, saya kembangkan pemasaran via online,” ujar pemuda kelahiran 1993 itu.

Bisnis kecil-kecilan itu ternyata menjanjikan. Karena, keuntungan dapat mencapai 700 persen lebih dari modal awal. “Dari modal sekitar Rp 300 ribu dapat omzet Rp 1 juta lebih,” imbuhnya. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)