Calon TKI Harus Waspada Modus Penyelundupan Narkoba

Para calon TKI sedang diberikan penyuluhan tentang Narkoba, agar mereka selalu waspada. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Para calon TKI sedang diberikan penyuluhan tentang Narkoba, agar mereka selalu waspada. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Para calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diminta waspada terhadap masalah narkoba. Sebab, banyak sekali terjadi kasus penyelundupan narkoba yang memanfaatkan tenaga TKI. Padahal, TKI ini sebenarnya tidak tahu jika dirinya dimanfaatkan oknum tertentu untuk membawa narkoba.

”Ada beragam modus penyelundupan narkoba yang melibatkan TKI. Antara lain dititipi dus atau paket yang isinya ternyata narkoba. Untuk itu, calon TKI kami harapkan agar tidak segan-segan melihat lebih dulu barang yang dititipkan ketika akan pulang ke tanah air,” ungkap Kaur Mintu SatNarkoba Polres Grobogan Aiptu Yuni Hastuti saat menyampaikan penyuluhan pada 60 calon TKI di PJTKI Rimba Ciptaan Indah Purwodadi.

Selain masalah penyelundupan, para calon TKI itu juga dikenalkan dengan jenis narkoba dan efek yang ditimbulkan dari barang terlarang tersebut. Antara lain, jenis ganja yang memberi efek halusinogen atau berkhayal. Kemudian, narkoba jenis shabu-shabu dan morphine yang memberi efek menekan sistem saraf pusat, sehingga pengguna menjadi lemas dan ekstasi yang memberi efek stimulan.

”Obat-obatan terlarang itu memberi rangsangan bagi sistem saraf pusat, sehingga pengguna bisa memacu tubuhnya melebihi keadaan normal. Padahal efek-efek ini hanya bersifat sementara atau biasa disebut euphoria narkoba. Inilah yang perlahan-lahan membuat organ-organ tubuh manusia rusak,” imbuhnya. (DANI AGUS/TITIS W)