Ratusan Desa di Grobogan Ajukan Pencairan Dana Desa

uang

 

GROBOGAN – Sebanyak 154 desa dari jumlah keseluruhan 273 desa, di Grobogan sudah mengajukan proses pencairan dana desa tahap kedua. Dari desa yang mengajukan ini, sudah ada 115 desa yang dananya cair dan langsung ditransfer ke rekening desa masing-masing.

“Sementara 39 desa lainnya yang sudah mengajukan, dananya akan dicairkan dalam waktu dekat karena masih menunggu proses administrasi. Dengan demikian, jumlah desa yang sudah mengajukan pencairan dana tahap kedua ini lebih dari 50 persen,” kata Kepala Bappermas Grobogan Sanyoto.

Menurutnya, ada persyaratan utama yang harus dipenuhi untuk mencairkan dana desa tahap kedua tersebut. Yakni, semua kepala desa harus menyampaikan laporan

kegiatan penggunaan dana desa tahap pertama terlebih dahulu. Bagi desa yang sudah melaksanakan kegiatan dan menyelesaikan laporan tahap pertama maka dapat langsung mengajukan proses pencairan dana tahap kedua.

Lebih lanjut dijelaskan, dari desa-desa yang sudah mengajukan permohonan, beberapa di antaranya terpaksa dikembalikan lagi. Sebab, ada beberapa item laporan yang belum sempurna dan perlu diperbaiki lagi.

“Kalau ada permohonan yang kita kembalikan lagi ke desa bukan berarti kami mempersulit pencairan. Tetapi, untuk proses pencairan dana desa ini sudah ada aturannya tersendiri dan pihak desa sudah kita beri arahan sebelumnya,” jelas mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Grobogan itu.

Ditambahkan Sanyoto, besarnya dana desa yang diterima bervariasi. Paling sedikit Rp 275 juta lebih dan nominal dana desa tertinggi yang disalurkan sebesar Rp 335 juta lebih. Proses pencairan dana desa akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dan kedua masing-masing 40 persen dan 20 persen lagi cair di tahap ketiga. (DANI AGUS/AKROM HAZAMI)