Pengusaha Mebel di Jepara Didorong Kembangkan Produk yang Khas 

Suasana pertemuan wakil bupati Jepara dengan sejumlah pengusaha, perajin, dan pejabat terkait. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Suasana pertemuan wakil bupati Jepara dengan sejumlah pengusaha, perajin, dan pejabat terkait. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Pengusaha mebel di Kabupaten Jepara didorong untuk mengembangkan spirit Jepara Incorporited guna menjaga kualitas produk, pengembangan manajemen, penatapan harga, dan promosi di pasar global. Selain juga dalam mengantisipasi berlakunya pasar bebas Asean.

Wakil Bupati Jepara Subroto mengatakan, Jepara Incorporated ini sangat diperlukan karena di pasar global dan juga pasar Asean kemampuan pengusaha kita relatif lemah baik dari sisi modal, manajemen maupun promosi.

”Karena itu yang harus dikembangkan bersama-sama adalah deferensiasi produk atau perbedaan produk dibandingkan dengan pesaing yang lain. Kalau kita justru menawarkan jenis produk yang kompetitor di pasar global  banyak, justru kita menjadi lemah dipasar global,” ujar Subroto saat melakukan pertemuan dengan para pengusaha dan perajin mebel di Jepara, Senin (21/9/2015).

Menurut Subroto, Jepara memiliki keunggulan lokal yang tidak dimiliki oleh daerah lain, yaitu ukir. Karena itu pelestarian seni ukir harus dilakukan, agar tidak kehilangan perajin terampil.

”Ini tudak mudah ditengah-tengah mengalirnya investasi ke Jepara non ukir yang kemudian menyebabkan generasi muda lebih mengarahkan minatnya ke sana. Karena itu kita harus mulai berfikir untuk meningkatkan upah bagi perajin ukir Jepara,” imbuhnya. (WAHYU KZ/TITIS W)