Begini Cara Buktikan Kulitmu Bermasalah atau Tidak

Tampak wajah yang diperiksa menggunakan skin scanner di Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

Tampak wajah yang diperiksa menggunakan skin scanner di Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Sering sekali seseorang hanya memperhatikan kulit terutama bagian wajah hanya dari penampakan sekilas dan dari luar saja. Padahal kulit memiliki banyak lapisan yang juga akan memengaruhi kesehatan kulit dan perawatannya. Untuk itu, seseorang perlu mengetahui kondisi kulit wajah secara mendetail.

“Jika hanya menggunakan mata telanjang mampu melihat kondisi kulit dari luar, tentunya kita membutuhkan alat untuk mendeteksi secara detail seperti dengan skin scanner,” ujar Yooshy Kartika Sari dokter estetika di Muntira Skincare Kudus.

Skin scanner merupakan alat yang mampu mendeteksi kondisi kulit hingga beberapa lapisan. Seperti jenis kulit, kadar minyak, kerutan samar, dan timbulnya gejala penyakit kulit yang belum nampak kepermukaan. “Jika sudah dideteksi sejak awal maka akan lebih mudah penanganannya. Serta dapat mencegahnya sebelum keluar, seperti jerawat dan noda hitam, ” jelasnya.

Alat ini juga mampu untuk mengetahui seberapa parah masalah kulit yang dialami agar memudahkan tindakan yang diambil.

Seorang pasien hanya perlu memasukkan setengah kepala bagian wajah ke dalam alat, dan alat akan langsung mendeteksinya dengan tiga penampakan. Yaitu gambar normal, uv, dan polarisation.

Gambar akan langsung terlihat dalam layar komputer berikut data dan keterangan kondisi kulit. Pasien juga melihat kondisi kulit secara langsung.

Menurut Yooshy, terkadang ada penanganan atau treatment yang kurang maksimal atau bahkan tidak ada pengaruhnya, bisa saja karena kondisi kulit tidak terdeteksi dengan baik. “Karena satu masalah kulit juga mempengaruhi masalahnya kulit lain, sehingga sebelum penanganan memang harus dicek dengan teliti terlebih dahulu, ” imbuhnya. (AYU KHAZMI/AKROM HAZAMI)