Waspada! Ruangan Tertutup BisaPicu Kerusakan Kulit

Ilustrasi

Ilustrasi

 

KUDUS – Pada umumnya ada dua tempat pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang, yaitu didalam dan luar ruangan. Jika seseorang terlalu banyak terkena sinar matahari dan debu maka kulit akan kusam, berminyak dan berjerawat.

Tetapi bukan berarti orang yang bekerja dalam ruangan tertutup tidak memiliki masalah.Seseorang yang melakukan aktivitas didalam ruangan juga memiliki masalah lain.

Luci Pritawardhani salah seorang dokter di Klinik Kosmetik Medik GriyaCantik Esther Kudus mengatakan, untuk kondisi kulit didalam ruangan juga bisa berubah. ” Yang benar, kulit selain dijauhkan dari sinar matahari terik juga sebenarnya tetap membutuhkannya untuk kesehatan, ” ujarnya.

Pada ruangan tertutup kulit juga tidak terlalu sehat, karena sirkulasi udara yang terbatas. Ruangan yang memiliki sirkulasi udara buruk tentunya akan membuat kondisi udara menjadi tidak sehat. Sebab, pada ruangan tertutup dipenuhi dengan jamur dan bakteri yang menyukai kelembaban.

Kondisi tersebut juga akan membuat kulit bermasalah. ” Yang banyak dialami adalah kulit kering, dan timbul jamur penyebab iritasi dan gatal, ” imbuhnya.

Apalagi dengan ruangan tertutup dan ber AC. AC yang dihidupkan setiap hari dalam waktu berjam-jam akan membuat kulit kering dan pecah. Karena kulit hanya memproduksi sedikit sekali minyak.

Menurut Luci, sebaiknya kulit juga bisa mendapatkan sinar matahari. Seperti saat pagi dan sore hari untuk membuatnya tetap sehat. “Jangan terlalu banyak terkena AC dan teriknya matahari,” ungkapnya.

Untuk membantu menjaga kesehatan kulit, seseorang dapat menambahkan lotion khusus kulit serta mengkonsumsi barang buah dan sayur. (AYU KHAZMI/KHOLISTIONO)