BPBD Himbau Masyarakat untuk Waspada Bencana Kebakaran

Sri Rahayu, Kepala Harian BPBD Blora. (MuriaNewsCom/Priyo)

Sri Rahayu, Kepala Harian BPBD Blora. (MuriaNewsCom/Priyo)

 

BLORA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora mulai mengimbau masyarakat untuk antisipasi terjadinya kebakaran. Karena pada musim kemarau sangat rentan terjadi musibah tersebut.

”Memasuki musim kemarau, masyarakat perlu waspada terhadap kebakaran,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Blora Sri Rahayu, Kamis (10/9/2015).

Meski kebakaran bisa saja terjadi di musim penghujan, tetapi saat musim kemarau intensitasnya memungkinkan lebih rawan. Terlebih pada kebakaran hutan. Karena mengeringnya dedaunan, membuat potensi kebakaran hutan lebih tinggi.

”Untuk masyarakat, kami harap bisa mewaspadai kabel listrik, kompor, dan jauhkan benda yang mudah terbakar, terutama putung rokok yang harus dipastikan mati,” tegasnya.

Selain itu, untuk masyarakat kawasan hutan yang berdekatan dengan jalan raya juga diimbau untuk waspada. Karena pada kawasan tersebut juga sangat rawan terjadi kebakaran hutan. ”Masyarakat tetap berhati-hati pada benda yang menimbulkan terjadinya kebakaran,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya mengajak Perhutani untuk diberikan pelatihan dalam hal menanggulangi bencana kebakaran. Selain itu pihaknya juga memberikan pengarahan, dan selalu waspada dengan hal-hal yang berpotensi kebakaran.

”Kami memberikan pelatihan penanganan kebakaran, agar petugas lapangan Perhutani bisa melakukan penanganan darurat pada kebakaran hutan. Selain itu kami juga berharap masyarakat pinggiran hutan untuk saling waspada, mengingatkan, untuk tidak lalai saat melakukan hal yang berpotensi kebakaran. Misalnya tidak membakar sampah,” terangnya. (PRIYO/TITIS W)