Bingung Mau Beli Rumah Jadi atau Bangun Rumah Sendiri?Ini Tips Cerdasnya

Salah satu perumahan yang ada di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

Salah satu perumahan yang ada di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Setiap orang tentunya membutuhkan rumah untuk tempat tinggal. Untuk memiliki, ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan. Apakah membeli rumah siap huni atau membangun rumah sendiri.

Ambar Susilowati staf marketing, pengelola dan pengembangan Graha Sakinah Karangampel Kudus mengatakan pemilihan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. ” Pertimbangannya adalah masalah waktu dan kebutuhan setiap orang yang disesuaikan dengan kondisi sekarang,” ujarnya.

Ada dua keuntungan yang didapatkan dengan membeli rumah yang sudah siap untuk ditempati ialah menghemat waktu dan tenaga. Ketika kredit sudah diluluskan oleh pihak bank maka konsumen hanya perlu keliling kota untuk mencari rumah pilihan, dan menggali kelebihan dan kekurangannya.
Jika semua telah berjalan dengan mudah maka konsumen tinggal menunggu prosesnya berjalan. “Dimulai dari finansial, meninjau kondisi rumah, bernegosiasi, dan deal maka tinggal menunggu untuk ditempati,” ungkapnya.

Kelebihan lainnya adalah suasana dan lingkungan rumah yang siap huni sudah terorganisasi. Sehingga tidak perlu melakukan perawatan lingkungan seperti menanam pohon untuk penghijauan lingkungan rumah. Serta penataan tambahan terkait jalan sekitar rumah, listrik air serta masih banyak lagi.
“Yang terpenting adalah pengelolaan dan pemeliharaan rumah serta lingkungan sekitar sudah diatur. Serta ada tempat pengaduan jika ditemukan kekurangan yang tidak dimiliki jika membangun rumah sendiri. (AYU KHAZMI/AKROM HAZAMI)