Wargas Sekitar TPA Bandengan Bakal Nikmati Gas Metan

PA Bandengan. Rencananya, gas metan yang berasal dari TPA bakal disalurkan ke rumah warga (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

PA Bandengan. Rencananya, gas metan yang berasal dari TPA bakal disalurkan ke rumah warga (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Gas metan yang dihasilkan oleh Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bandengan, Kabupaten Jepara bakal disalurkan ke rumah warga sekitar.Rencananya, hal itu akan direalisasikan pada tahun ini. Sebab, alokasi dana untuk itu sudah dianggarkan di APBD Perubahan 2015.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Jepara  Fathurrahman mengemukakan, sebenarnya pemanfaatan gas metan sudah dilakukan sejak 2014 lalu. Hanya saja, pemanfaatan hanya dilakukan di internal TPA Bandengan saja.

”Kali ini direncanakan dapat dimanfaatkan warga sekitar. Alokasi anggaran sudah ada, tinggal menunggu realisasinya,” ujar Fathurrahman kepada MuriaNewsCom, Senin (7/9/2015).

Menurutnya, beberapa kajian telah dilakukan. Terutama terkait jangkauan dan banyaknya warga yang akan disaluri gas metan guna membantu kebutuhan energi. Pihaknya mencatat, setidaknya 30 kepala keluarga (KK) bakal menerima manfaat dari penyaluran gas metan tersebut.

”Kami sudah mensosialisasikan rencana ini pada akhir Mei lalu. Survei lapangan juga sudah dilakukan. Jangkauannya cukup jauh, paling dekat diatas 50 meter, karena rumah warga dari TPA juga lumayan jauh,” ungkapnya. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)