Pemanfaatan Gas Metan TPA Bandengan untuk Warga Dianggarkan Rp 122 Juta

TPA Bandengan. Rencananya gas metan dari TPA ini bakal disalurkan ke rumah warga sekitar (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

TPA Bandengan. Rencananya gas metan dari TPA ini bakal disalurkan ke rumah warga sekitar (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Pemkab Jepara melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat berencana menyalurkan gas metan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bandengan untuk warga sekitar. Alokasi anggaran untuk itu telah disiapkan sekitar Rp 122 juta.

“Warga yang akan menerima manfaat sekitar 30 KK. Anggaran itu sebenarnya sudah dialokasikan di dana hibah yang dikemas dalam program lanjutan pemanfaatan gas metan TPA Bandengan,” ujar Kepala BLH Kabupaten Jepara Fathurrahman kepada MuriaNewsCom, Senin (7/9/2015).

Menurutnya, tahun ini program tersebut bakal direalisasikan. Saat ini, pihaknya menunggu proses evaluasi dari Gubernur Jawa Tengah atas APBD Perubahan yang telah diketok palu beberapa waktu lalu. Sebab, alokasi anggaran untuk pemanfaatan gas metan tersebut ada di APBD Perubahan 2015.

”Kami belum berani melangkah karena masih menunggu hasil evaluasi dari Gubernur. Selain itu, kami juga sebelumnya sempat terganjal adanya UUNomor 23 tahun 2014,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengemukakan, pada aturan tersebut, penerima hibah harus berbadan hukum. Sedangkan penerima hibah yakni warga tidak memiliki badan hukum. Atas masalah tersebut, pihaknya sudah menyelesaikannya.

“Kami sempat konsultasi terkait masalah itu. Kemudian, dana yang semula diambilkan dari dana hibah dialihkan melalui mekanisme perubahan ke belanja modal,” katanya. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)