Peserta TC Grobogan Tinggal Tunggu Pengumuman BPPT

Kelompok peserta TC memaparkan proposal rencana bisnisnya pada juri yang ditunjuk dari BPPT. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kelompok peserta TC memaparkan proposal rencana bisnisnya pada juri yang ditunjuk dari BPPT. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Kegiatan pelatihan Technopreneurship Camp (TC) yang dilakukan di Ruang Riptaloka, Setda Grobogan sejak Rabu (2/9/2015) lalu akhirnya selesai siang tadi. Meski acara berakhir, namun pengumuman 20 peserta terbaik belum disampaikan saat itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Grobogan Yulianto mengatakan, pemilihan 20 proposal bisnis terbaik milik peserta TC itu memang tidak diumumkan setelah selesai acara. Para peserta masih diberi kesempatan untuk memperbaiki proposal bisnis dan nanti dikirimkan pada pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

”Proposal para peserta nanti diteliti lebih lanjut oleh BPPT. Mengenai 20 peserta terpilih diumumkan secara resmi dalam waktu dekat,” kata Yulianto didampingi Kabid Bina Usaha Koperasi Sri Utami.

Ditambahkan, 20 calon pengusaha terbaik dinilai berdasarkan ide atau produk inovatif yang dipaparkan. Mereka ini nantinya akan mendapatkan pendampingan dan bantuan peralatan dari BPPT. Selain itu, para peserta yang terpilih mendapat bantuan legalitas usaha, sertifikasi, dan standarisasi uji produksi.

”Dari BPPT memang tidak memberikan bantuan berupa uang tunai. Tetapi bantuannya diwujudkan dalam bentuk peralatan dan pendampingan yang mendukung bisnis peserta terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, pada hari terakhir TC, sejumlah peserta hadir dengan membawa produk usaha yang sudah dirintis dan dipamerkan dihadapan tim penilai. Antara lain, produk kerajinan, batik, kain tenun, makanan ringan, aneka minuman, dan tas. Selain memamerkan produk, peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok juga diminta memaparkan rencana bisnis yang dilakukan. (DANI AGUS/TITIS W)