Korban PHK Berbondong Datangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Sejumlah warga berdesak-desakan di depan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Rembang guna mengurus pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT), Jum'at (4/9/2015). (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

Sejumlah warga berdesak-desakan di depan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Rembang guna mengurus pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT), Jum’at (4/9/2015). (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

 

REMBANG – Puluhan pekerja pemegang kartu Jamsostek dari sejumlah daerah di Kabupaten Rembang rela mengantre untuk mendapatkan formulir pengajuan pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT). Para pekerja yang rata-rata telah mengundurkan diri, terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) itu pun berbondong mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat. Sejak Selasa (1/9/2015) hingga Jumat (4/9/2015) para pekerja selalu memadati kantor BPJS yang beralamat di Jalan Kartini tersebut.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun MuriaNewsCom, para pekerja yang ingin mengajukan pencairan dana JHT itu rata-rata sebelumnya hanya boleh dicairkan apabila sudah berusia 56 tahun, meninggal, atau cacat total. Namun saat ini ketentuan itu telah berubah, sehingga mereka boleh dicairkan para pekerja yang mengundurkan diri, terkena PHK, atau meninggalkan Indonesia selama-lamanya.

”Saya memang sengaja ingin mencairkan seluruh saldo dana JHT untuk modal usaha. Selama lima tahun saya bekerja di salah satu perusahaan di Serang, Jawa Barat. Saat baru dua tahun kerja, saya sudah ikut Jamsostek. Jadi sudah tiga tahun, saya jadi peserta. Saya berhenti kerja karena pulang untuk menikah. Jadi saya ada surat keterangan pengalaman kerja,” ujar Laras, warga Desa Mojorembun Kecamatan Kaliori, Jumat (9/8/2015).

Laras mengatakan, ketika menjadi peserta Jamsostek yang sekarang berganti nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan, dia mengaku rutin membayar premi bulanan, nilainya Rp 40.000. Namun setelah tidak bekerja, dia tidak membayar premi lagi. Dia menyebutkan saldo JHT miliknya kini tercatat mencapai sekitar masih Rp 4 jutaan. (AHMAD FERI/TITIS W)

 

 

Satu gagasan untuk “Korban PHK Berbondong Datangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan

  1. min saya mau tanya,saya sudah 4 thn jadi anggota jamsostek dan sekarang aku sudah mengundurkan diri dari tempat kerja tapi kenapa kok saat saya mau mencairkan dana jht di kudus malah di tolak kata satpamnya tdk bisa dicairkan karena belum ada SK presiden yg tetap, tpi kok brita dirembang di atas bisa dicairkan, mohon solusinya.

Komentar ditutup.