Inflasi Kudus bulan Agustus turun 0,28 persen

Endang Tri Wahyuningsih, Kepala BPS Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

Endang Tri Wahyuningsih, Kepala BPS Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Roda kehidupan yang berjalan pastinya bersinggungan langsung dengan perekonomian. Dengan keadaan yang terus berubah, tentu saja membuat suatu daerah mengalami pergantian angka indeks harga konsumen karena naik turunnya harga kebutuhan yang menyebabkan inflasi dan deflasi.

Disampaikan dalam press release Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus, hari ini Rabu, (2/9/2015) pada bulan Agustus, Kudus mengalami penurunan inflasi sebesar 0,28 persen dari bulan sebelumnya. ”Pada bulan Juli melalui survei yang dilakukan oleh BPS, tercatat Kudus mengalami inflasi sebesar 0,88 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 125,83 persen. Sementara pada Agustus inflasi Kudus sebesar 0,60 persen dengan IHK 126,58 persen,” ujar Kepala BPS, Endang Tri Wahyuningsih.

Menurutnya, penurunan tersebut dikarenakan pada Juli lalu saat Ramadan hampir seluruh kebutuhan hidup mengalami kenaikan harga. Sementara Agustus harga kembali stabil sehingga terjadi penurunan angka inflasi.

Endang juga menambahkan pada Agustus 2015, laju inflasi tahun kalender sebesar 1,95 persen. Sedangkan laju inflasi “year on year” (Agustus 2015 terhadap Agustus 2014) sebesar 6,26 persen. (AYU KHAZMI/TITIS W)