Ada Sembako Murah pada Acara Sedekah Bumi Desa Sambung

Suasana pasar murah di acara sedekah bumi Desa Sambung, Kecamatan Undaan (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Suasana pasar murah di acara sedekah bumi Desa Sambung, Kecamatan Undaan (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Ada yang berbeda pada acara sedekah bumi di Desa Sambung, Kecamatan Undaan, Kudus. Jika biasanya sedekah bumi diisi dengan pawai budaya atau ritual khas desa setempat, kini di Desa Sambung dibuat lebih kreatif lagi, dengan mengadakan pasar murah.

Kegiatan yang digagas Karang Taruna Budi Utomo ini, bertujuan agar warga bisa mendapatkan sembako murah. Sehingga acara sedekah bumi di tempat tersebut bisa lebih membawa manfaat terhadap warganya.

Husnul Wafa, salah satu perangkat Desa Sambung mengatakan, selain menggelar kesenian tradisional, pihak pemdes sengaja menggandeng pemua untuk ikut berperan dalam kegiatan tahunan ini, salah satunya melalui pasar murah.

”Setidaknya dengan adanya pasar murahini, bisa meringankan beban bagi warga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Karena, dengan harga sembako yang saat ini cukup mahal, tentunya pasar murah ini bisa membantu warga,” katanya.

Pada pasar murah ini, katanya, warga bisa mendapatkan harga di bawah pasaran. Seperti halnya, gula pasir, jika di pasaran dijual dengan harga Rp 11.500/kg, di pasar murah harganya Rp 10 ribu/kg. Kemudian, telur Rp 20 ribu/kg, dan minyak goreng Rp 10.500/kg.

Selain sembako, katanya, beberapa produk UMKM juga dijual di tempat tersebut. Di antaranya, keripik, roti dan juga ada baju hasil produksi warga setempat. (EDY SUTRIYONO/KHOLISTIONO)