Ssstt… Lakpesdam NU Jepara Siapkan Kader Kawal Desa

Suasana dalam acara Workshop Peduli Desa yang digelar oleh Lakpesdam NU Jepara, di salah satu rumah makan di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Kz)

Suasana dalam acara Workshop Peduli Desa yang digelar oleh Lakpesdam NU Jepara, di salah satu rumah makan di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Kz)

 

JEPARA – Pengurus Cabang (PC) Lakspesdam NU Jepara menyatakan telah menyiapkan sedikitnya 20 kader untuk mengawal pelaksanaan Undang-Undang tentang Desa. Mereka diberi bekal berbagai hal, termasuk pengetahuan tentang desa inklusif.

Hal itu dikatakan Direktur Lakpesdam NU Jepara Lukman Hakim di sela-sela Workshop Peduli Desa di salah satu rumah makan di Jepara, Senin (31/8/2015). Menurutnya, melalui workshop tersebut diharapkan mereka akan mendapat pengetahuan baru terkait tata kelola pemerintahan khususnya tentang UU Desa.
Selain itu juga mampu, memadukan kebijakan di level desa (petinggi) dengan kebijakan-kebijakan yang bersifat terbuka (inklusif).

“Ini akan menjadi penebar semangat tata kelola inklusif di Jepara,” ujarnya.
Dia mengemukakan, tata kelola pemerintahan inklusif datang dari pemerintahan daerah atau inisiatif lokal beserta peran pemimpinnya. Seperti halnya pada kasus Bupati Wonosobo, yang telah menunjukkan kearifan untuk memberikan tempat kepada semua minoritas baik dalam masyarakat maupun dalam pelayanan pemerintahan formal. Meskipun secara hukum mungkin bertentangan dengan aturan atau hukum pusat. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)