Lho Kok Arjuna, Petruk, dan Temannya Gojek di Gebog, Ada Apa?

Pertunjukan Wayang Gojek dalam memeriahkan HUT RI ke 70 di Desa Gribig, Kecamatan Gebog Minggu (30/8/2015) malam lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Pertunjukan Wayang Gojek dalam memeriahkan HUT RI ke 70 di Desa Gribig, Kecamatan Gebog Minggu (30/8/2015) malam lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Pementasan Wayang Gojek menghibur masyarakat Desa Gribig, Kecamatan Gebog Minggu malam (28/8/2015). Kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 70 dan peluncuran salah satu perumahan.
Pemimpin Wayang Gojek Ki Waryoto Giok, menjelaskan, dalam pertunjukan tersebut sangat ramai. Diceritakan naskah yang diangkat dari perdagangan namun diadaptasi dengan kehidupan sekarang dan dikemas humor.

“Kita agak humor, namun tetap memiliki pesan yang penting terhadap masyarakat,” katanya .

Menurutnya, dalam pementasan Srikandi meminta pendapat Punokawan. Sejumlah saran diberikan oleh Semar, Petruk, Gareng dan Bagong. Akhirnya dengan sejumlah pertimbangan yang matang, Arjuna pun memutuskan untuk pindah tempat tinggal di Desa Gribig, Kecamatan Gebog.

Giok mengatakan, pertunjukan Wayang Gojek dalam memeriahkan HUT RI baru kali pertama dilakukan. Melalui pementasan yang dibawakan juga mengandung pesan-pesan untuk masyarakat.

”Kalau biasanya dalam peringatan HUT RI, masyarakat mementaskan Wayang Kulit atau kethoprak. Namun, kali ini ada Wayang Gojek yang dikemas lebih dinamis dan menarik. Ini sebagai alternatif baru untuk hiburan masyarakat,” katanya.

Dalam pertunjukan tersebut, sejumlah pesan untuk menjaga kerukunan antar tetangga, menjaga kebersihan lingkungan dan tata cara bermasyarakat dengan baik disampaikan dengan lugas dan menarik.

Camat Gebog Saiful Huda mengungkapkan cukup mengapresiasi dengan pertunjukan yang diselenggarakan. Karena, selama ini banyak tontonan televisi yang kurang mendidik. Dengan adanya pertunjukan wayang yang dikemas berbeda tentu menjadi hiburan alternatif bagi masyarakat terutama anak-anak.
”Kami berharap, kegiatan-kegiatan positif terus dilakukan,” harapnya. (FAISOL HADI/AKROM HAZAMI)