Hati-Hati Wajahmu Kena Kuman Gara-gara Barang Ini

Dokter Kamu.Com

Dokter Kamu.Com

 

KUDUS – Aktivitas di luar ruangan memang penuh dengan kotoran dan polusi. Banyak orang yang menghindarinya karena akan berpengaruh pada kesehatan kulit terutama pada wajah.

Akan tetapi, kuman penyebab penyakit kulit tersebut tidak hanya berkembang di luar ruangan. Dalam ruangan yang tertutup, kuman juga banyak ditemukan. Bahkan di tempat tersembunyi yang tidak bersinggungan langsung dengan udara dan dunia luar. Seperti di dalam tempat tidur. Tempat paling nyaman di dalam rumah tersebut juga bisa menjadi sarang kuman yang berbahaya bagi kulit wajah.

Mila Ledya salah satu dokter kecantikan di Derma Skin Care Kudus mengatakan pada tempat tertutup juga dapat menyalurkan berbagai kuman. Hal tersebut bisa disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh. “Saat dari aktivitas di luar ruangan, kemudian masuk ke dalam kamar tanpa membersihkan diri,” ujarnya.

Kuman yang tertempel akan mengendap di berbagai sudut dan benda yang ada dalam ruangan seperti kamar. Terlalu banyaknya kuman tersebut entah akibat dari faktor kebiasaan atau karena perkembangan kuman yang terlalu cepat yang akan membuat kamar menjadi sumber penyakit.

Selain kebersihan diri, kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan. “Saat seseorang mengalami masalah kulit padahal sudah menjaga pola makan serta rutin kontrol, bisa jadi yang menjadi sumber masalah adalah kebersihan benda yang digunakan, ” jelasnya.

Yang menjadi salah satu sarang penyakit yang tidak disadari ada pada sarung yang digunakan untuk membungkus bantal atau guling yang digunakan terlalu lama. Saat tidur, sisa rias yang tidak dibersihkan, kotoran di rambut yang menempel, dan keringat serta udara lembab di bantal dan menjadi sarang yang nyaman bagi kuman. “Hal ini yang sangat jarang disadari bahwa melalui sarung bantal bisa menjadi tempat penyaluran kuman yang sangat banyak, ” jelasnya.

Alat riasan yang tidak diganti dalam jangka waktu lama, juga bisa menyebabkan kuman yang menempel pada kulit. (AYU KHAZMI/AKROM HAZAMI)