Ini Kata Manajer PLN Rayon Jepara Soal Restitusi yang Dikeluhkan Pelanggan

Logo_PLN (e)

JEPARA – Menanggapi adanya keluhan salah satu pelanggan terkait restitusi, Manajer PT PLN Rayon Jepara Sunoto mengaku tidak mengetahui soal ada restitusi yang belum dikembalikan kepada pelanggan.

Menurut dia, restitusi memang akan dibayarkan ke pelanggan yang tak kunjung mendapatkan fasilitas instalasi listrik dalam jangka waktu satu hingga tiga bulan setelah pendaftaran. Hanya saja, pihaknya menjanjikan akan melakukan pengecekan data terkait hal itu.

Berdasarkan data yang dihimpun MuriaNewsCom dari BTL, ada puluhan pelanggan PT PLN Rayon Jepara yang mengalami masalah serupa. Dana restitusinya tak kunjung cair. Bahkan ada yang belum dicairkan sejak 2013 lalu.”Mengenai masalah ini, saya akan melakukan pengecekan,” ujar Sunoto, Rabu (26/8/2015).

Selanjutnya, dirinya menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan instalasi listrik tak kunjung dipasang di rumah pelanggan. Di antaranya soal ketersediaan material, jaringan listrik ke rumah calon pelaggan, hingga persoalan daya yang mengalir dalam jaringan tersebut.

”Instalasi di jaringan utama listrik harus disiapkan. Jika daya yang mengalir melalui jaringan utama listrik sudah besar, maka tidak bisa langsung membuat jaringan paralel ke rumah warga,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan standar operasional yang ada, pemasangan instalasi listrik baru maksimal bisa dilakukan dalam jangak waktu 4,8 hari usai pendaftaran. Itupun jika material tersedia dan tidak ada masalah teknis lainnya. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)