Sembarangan Pasang Instalasi Listrik? Risiko Kebakaran Mengancam

Instalasi listrik yang terdapat di salah satu pasar di Kudus (MuriaNewsCom/FAISOL HADI)

Instalasi listrik yang terdapat di salah satu pasar di Kudus (MuriaNewsCom/FAISOL HADI)

 

KUDUS – Banyaknya kasus kebakaran di beberapa lokasi fasilitas umum yang disebabkan dari jaringan listrik atau instalasi, perlu disikapi dengan serius. Sebab, jika tidak ditata dengan serius, dapat menyebabkan kebakaran yang merugikan banyak hal.

Hal itu dikatakan ketua KMKB Kudus Sururi Mujib. Menurutnya, Pemkab Kudus harus menata instalasi listrik agar tidak terjadi hal yang merugikan masyarakat. Hal itu juga untuk melindungi aset.

”Seperti halnya di pasar, instalasinya harus benar-benar dicek. Agar nantinya tidak ada yang dirugikan, apalagi sampai terjadi kebakaran,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, selain menata ulang jaringan yang berantakan, Pemkab juga harus menata dan mengecek secara berkala mengenai jaringan instalasi listrik. Hal itu, dapat mengurangi risiko adanya gangguan.

Katanya, penambahan alat pemadam juga harusnya disediakan di setiap pasar dan diletakkan di lokasi strategis. Hal itu dapat membantu jika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan. (FAISOL HADI/KHOLISTIONO)