Warga Desa Kaliombo Kibarkan Merah Putih Raksasa

Bendera sepanjang 500 meter diarak masyarakat Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, dalam rangka HUT Ke 70 Kemerdekaan RI. (ISTIMEWA)

Bendera sepanjang 500 meter diarak masyarakat Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, dalam rangka HUT Ke 70 Kemerdekaan RI. (ISTIMEWA)

 

JEPARA – Warga Desa Kaliombo Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, memiliki cara tersendiri dalam memperingati. Layaknya upacara kemerdekaan, warga di desa tersebut juga mengibarkan bendera Merah Putih dalam hari kemerdekaan ke-70 itu. Namun, bedanya dengan lokasi lainnya, warga setempat mengibarkan bendera raksasa sepanjang 500 meter.

Dalam kegiatan yang didalangi IPNU IPPNU Ranting Kaliombo itu, membutuhkan persiapan yang cukup lama, terlihat dari mempersiapkan sang saka merah putih yang mencapai tiga hari. Selain itu, dalam mengibarkan juga mengajak partisipasi masyarakat desa setempat.

”Kita menjahit bendera saja sampai membutuhkan waktu tiga hari, memang kami tidak menemukan yang menjual bendera sepanjang ini makanya kami menjahitnya,” kata Ketua IPNU Kaliombo Slamet Dicki Faisal kepada MuriaNewsCom, Senin (17/8/2015).

Menurutnya, Pengibaran bendera tersebut dikibarkan disepanjang jalan desa setempat. Sebelum dikibarkan, anggota IPNU IPPNU melakukan teatrikal terlebih dahulu, barulah bendera diarak keliling kampung.

”Dalam arak-arakan tersebut, masyarakat sekitar turut serta dalam membawa bendera karena mereka juga sangat mencintai negara Indonesia ini. Terlebih sumber dana bendera juga dari swadaya masyarakat,” ujarnya. (FAISOL HADI/TITIS W)