Ini, Perbedaan Kulit Wanita dengan Pria

foto ilustrasi (www.sehatfresh.com)

foto ilustrasi (www.sehatfresh.com)

 

KUDUS – Merawat kulit harus rutin dilakukan setiap hari baik oleh wanita maupun pria. Sebelum merawatnya tentu seorang harus tahu terlebih dahulu mengenai kondisi kulit masing-masing. Agar tidak terjadi kesalahan serta ketidakcocokan antara kulit dan perawatan yang digunakan.

Pada dasarnya, kulit wanita dan pria sangat berbeda. Sehingga keduanya memiliki cara perawatan yang berbeda pula.

”Kulit pria dan wanita ternyata membutuhkan perawatan yang berbeda. Selain karena faktor jenis kulit, struktur dan karakteristiknya juga berbeda,” kata Dwiu Yhunianto Manager Larissa Aestethic Center Kudus.

Beberapa perbedaan mendasar di antaranya kulit pria memiliki pigmentasi yang mendalam, sehingga warna kulit lebih gelap. Serta memiliki kulit tebal dengan tingkat kolagen yang lebih tinggi, sehingga memperlambat proses penuaan. Pria juga memiliki lebih sedikit lemak di bawah kulit mereka.

Sementara wanita memiliki kulit yang lebih tipis yang membuat proses penuaan lebih cepat, selulit, kulit kering serta sejumlah masalah kulit lainnya. Perempuan juga memiliki kulit berminyak sampai saat menopause tiba. Selain itu, kulit wanita akan terlihat kering dan kasar.

”Yang paling utama, adalah pria memiliki kulit berminyak dibandingkan wanita, pria juga perlu menggunakan pembersih yang baik untuk mencegah jerawat, benjolan serta masalah lain. Akan tetapi jangan menggunakan produk milik wanita karena komposisinya berbeda,” jelasnya.

Sementara wanita memiliki kecenderungan kulit lebih kering, sehingga lebih mudah keriput. Untuk itu perawatannya harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi kulit serta jenisnya. (AYU KHAZMI/TITIS W)