Debu Bisa Jadi Penyebab Kerusakan Laptop

domidizajn.jutarnji.hr

domidizajn.jutarnji.hr

 

KUDUS – Karena sering digunakan, membuat laptop menjadi terkena debu. Makin lama maka debu yang menempel akan mengisi ruang disela-sela laptop. Membersihkan debu yang menempel pada laptop harus sering dilakukan.

Tri Iswanto, salah satu karyawan di Al Two Com di jalan HOS Cokroaminito Kudus mengatakan banyak kasus kerusakan laptop karena terlalu banyaknya debu yang menempel. ”Biasanya yang paling sering ditemukan adanya kumpulan debu yang memadat disaluran pembuangan panas laptop,” jelasnya.

Tri melanjutkan, saluran tersebut merupakan komponen vital laptop yang berfungsi untuk mengeluarkan panas dari dalam laptop. Panas yang timbul akibat kinerja mesin saat laptop dihidupkan.

Jika hal ini sampai terjadi, maka laptop bisa mengalami panas yang berlebihan. Jika ingin terhindar dari hal ini, maka pengguna harus rajin dan rutin dalam membersihkan debu yang menempel pada laptop. Bersihkan laptop secara menyeluruh pada semua bagian. Selain awet, laptop yang bersih akan lebih sedap untuk dipandang.

”Pembersihan dapat menggunakan kuas atau lap berbahan halus agar tidak menggores lapisan,” ungkapnya. Atau dapat pula dengan membawanya ke konter laptop untuk dibersihkan hingga ke dalam mesin yang sulit terjangkau. (AYU KHAZMI/TITIS W)