Smartphone Keluaran Terbaru Sudah Didukung dengan Slot Kabel OTG

 

Salah satu smartphone seri Z Dari Sony Experia yang dilengkapi dengan fitur pembacaan kabel OTG (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

Salah satu smartphone seri Z Dari Sony Experia yang dilengkapi dengan fitur pembacaan kabel OTG (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Makin banyaknya vendor yang ikut dipersaingan gadget, tentu membuat mereka akan berlomba-lomba merebut hati konsumen. Seiring berjalannya waktu pula, banyak ditemukan teknologi baru untuk melengkapi produk miliknya. Baik yang dikembangkan sendiri maupun yang tidak.

Seperti pemaksimalan kabel OTG (On The Go) yang mulai dikenal beberapa waktu lalu. Kabel ini berfungsi untuk menyalurkan data dari penyimpanan eksternal seperti flashdisk ke smartphone.

Ari Irawan salah satu karyawan di Millenia Cellular Jalan Veteran Kudus mengatakan, beberapa smartphone kini mulai menambahkan fitur koneksi ke kabel OTG. “Karena memori internal serta slot memori eksternal besar yang ditawarkan masing-masing produk belum sepenuhnya menyelesaikan permasalahan,” jelasnya.

Kabel sederhana ini bisa meringankan fungsi dari memori dalam smartphone yang terkadang fungsinya menjadi menurun akibat terlalu banyak menampung data.

Cara kerja kabel ini sederhana, yaitu seperti pembacaan flashdisk pada komputer. Akan tetapi, jika pada smartphone harus membutuhkan kabel OTG sebagai penghubung keduanya.

Meski begitu, tidak semua smartphone memiliki fitur pembacaan kabel, bahkan slot colokannya. “Hanya smartphone tertentu yang bisa membacanya, seperti pada smartphone keluaran baru dengan teknologi canggih, ” jelasnya.

Sehingga, data apapun termasuk film dapat tersimpan di dalam flashdisk dan dapat dikoneksikan dengan smartphone.

Saat ini, sudah banyak smartphone yang mendukung fungsi USB On The Go, beberapa di antaranya keluarga Nexus, Keluarga Samsung Galaxy kelas menengah keatas, Samsung Galaxy Note, Galaxy Tab, Sony Xperia, serta masih banyak lagi. (AYU KHAZMI/KHOLISTIONO)