LPMD Mustika Andong Jadi Percontohan Lumbung Pangan Kabupaten Blora

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melihat kualitas beras yang dihasilkan oleh Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMD) Mustika Andong di Desa Andongrejo, Kecamatan Blora. (MuriaNewsCom/Priyo)

BLORA – Kepala KKP Blora Mashudi, menjelaskan Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMD) di Desa Andongrejo, Kecamatan Blora merupakan salah satu contoh ketahanan pangan masyarakat desa yang perlu dicontoh.

”Para petani di sini mengumpulkan hasil panennya jadi satu untuk dikelola bersama di lumbung pangan, untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat desa. Selebihnya dijual sudah dalam bentuk kemasan, sehingga harga keekonomiannya naik,” katanya.

Sekedar diketahui Gubernur Jawa Tengah melihat sistem pengelolaan LPMD Mustika Andong yang kini menjadi salah satu percontohan lumbung pangan di Kabupaten Blora. Ia juga melihat gudang penyimpanan beras milik para petani, proses pengolahan gabah menjadi beras menggunakan mesin modern hingga pengepakan untuk siap jual. Dan di akhir acara kunjungan, Ganjar Pranowo pun turut membeli beras hasil produksi LPMD Mustika Andong sebanyak 20 kg. (PRIYO/TITIS W)