Ini Nama-nama Batu Akik Khas Jepara Temuan Bagong

Beberapa jenis batu mulia khas Jepara yang dijadikan akik oleh Bagong. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Beberapa jenis batu mulia khas Jepara yang dijadikan akik oleh Bagong. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Batu mulia khas Jepara temuan Bagong sangat besar dan bervariatif. Bahkan, Bagong memberi nama sejumlah batu akik yang ditemukannya di kawasan pegunungan Clering Kecamatan Donorojo Jepara. Nama-nama batu akik tersebut, di antaranya Permata Clering, Gedek, Lapis, dan Mata Butho.

Sang penemu, Bagong menjelaskan, dia memberi nama batu yang ditemukan tersebut berdasarkan banyak hal, terutama berdasarkan lokasi penemuan dan motif yang ada di batu tersebut. ”Misalnya jenis Gedek, itu karena lokasi penemuannya di bukit Gedek yang ada di kawasan pegunungan Clering. Kemudian lapis karena motif yang ada di batu berlapis-lapis,” ujar Bagong kepada MuriaNewsCom, Sabtu (8/8/2015).

Menurut Bagong, usai ia beri nama dari masing-masing jenis batu yang dia temukan, dia menjualnya kepada pecinta batu akik, baik dari dalam maupun luar kota Jepara. Harganyapun bervariatif mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

”Tapi ada yang tidak saya jual, karena ada kenangan tersendiri bagi saya. Misalnya batu yang pertama saya temukan sebelum ketemu yang lainnya,” katanya.

Dia menambahkan, meskipun batu temuannya tersebut belum populer di kalangan pecinta batu mulia. Namun sejumlah penggemar batu akik sudah banyak yang berminat. Sebut saja sejumlah pejabat di Kabupaten Jepara, dan para penggemar akik dari luar Jepara yang telah banyak membeli batu akik khas Jepara miliknya.

”Setiap kali saya buat, langsung ada yang beli,” imbuhnya. (WAHYU KZ/TITIS W)