Bagong Temukan Batu Akik Khas Jepara

Bagong membersihkan batu akik yang dia temukan dari Pegunungan Clering Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Bagong membersihkan batu akik yang dia temukan dari Pegunungan Clering Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

JEPARA – Bagong, warga RT 02, RW 02, Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan, Jepara, berhasil menemukan batu mulia alias akik khas Jepara. Dia menemukan batu akik khas Jepara itu bersama temannya di pegunungan Clering, Kecamatan Donorojo.

Menurut Bagong, penemuan tersebut berkat usahanya untuk mencari batu mulia khas Jepara. Dia mengaku gelisah ketika batu akik booming di berbagai daerah namun di Jepara masih sepi.

”Awalnya gelisah kenapa batu yang terkenal hanya di Garut, Pacitan, dan luar Jawa. Saya yakin Jepara punya batu mulia karena Jepara juga ada pegunungan dan lautan,” ujar Bagong kepada MuriaNewsCom, Sabtu (8/8/2015).

Lebih lanjut dia menceritakan, mulai dari kegelisahan tersebut akhirnya dia bersama temannya berinisiatif mencari batu akik ke daerah pegunungan di Jepara. Tepat di malam Jumat Wage jelang bulan puasa lalu dia menemukan batu mulia di kawasan Clering.

”Saya temukan banyak, tapi tidak saya bawa pulang semua. Hanya sebagian saya,” kata Bagong.

Dia menambahkan, berkat penemuannya tersebut, Jepara memiliki batu akik khas yang berbeda dengan batu akik dari daerah lain. (WAHYU KZ/TITIS W)