Rutin Cuci Muka Membuat Kulit Lebih Sehat

play.google.com

play.google.com

KUDUS – Daerah wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak terkena kotoran dan terik matahari. Untuk menjaga kesehatan bagian muka, sangat perlu perhatian khusus. Cara paling mudah dan ampuh adalah dengan mencuci muka secara rutin.

Luci Pritawardhani salah seorang dokter di Klinik Kosmetik Medik Griya Cantik Esther Kudus mengatakan, mencuci muka merupakan hal paling dasar namun memiliki manfaat yang sangat besar. ”Mencuci muka dengan benar dan rutin sangat disarankan oleh pakar kulit dan kecantikan,” ujarnya pada MuriaNewsCom.

Biasanya dalam sehari, seseorang mencuci muka rata-rata satu sampai dua kali. Menurutnya, hal tersebut sudah cukup karena dalam waktu beberapa jam saja, kulit menjadi kotor akibat bersinggungan langung dengan udara yang telah terkontaminasi. ”Apalagi pada seseorang yang bekerja di luar ruangan, akan lebih berisiko besar memiliki masalah kulit saat tidak mencuci muka dengan teratur,” jelasnya.

Akan tetepi pada seseorang yang bekerja di dalam ruangan, terutama yang dilengkapi dnegan pendingin ruangan juga harus mencuci muka disela-sela pekerjaan. Sebab udara yang dikeluarkan oleh pendingin ruangan, membuat kulit wajah lembab dan lengket. Ditambah pula dengan make up yang menempel membuat muka menjadi lengket.

Akan ada beberapa penyakit kulit yang timbul pada keduanya yang sama-sama menimbulkan kelembaban berlebih pada wajah. Di antaranya jerawat, komedo, kulit kusam, keriput, kulit kering, dan berminyak. ”Meskipun terlihat sepele, jangan sampai meninggalkan rutinitas mencuci muka. Serta hindari terlalu  sering mencuci muka, yang akan mengikis kelembaban kulit,” tegasnya. (AYU KHAZMI/TITIS W)