Awas, Kebanyakan Keramas Justru Bikin Kulit Kepala dan Rambut Rusak

Ilustrasi Keramas. realita.co

Ilustrasi Keramas. realita.co

KUDUS – Rambut memang menjadi mahkota setiap orang. Tak hanya kaum hawa, kaum adam pun demikian. Praktis banyak yang melakukan perawatan untuk menjaga keindahannya.

Salah satunya dengan menggunakan shampo atau keramas. Akan tetapi, tahukah anda bahwa ternyata mencuci rambut setiap hari justru akan membuat kulit kepala dan rambut menjadi rusak.

Yuni Siswati, ahli perawatan rambut mengatakan sebenarnya fungsi shampo adalah untuk menghanyutkan minyak berlebih serta kotoran pada kulit kepala dan rambut.

” Jika seseorang keramas setiap hari, maka akan menghanyutkan minyak yang diproduksi oleh rambut, akibatnya kelenjar minyak justru akan memproduksi lebih banyak minyak sebagai pengganti,” ujarnya saat ditemui MuriaNewscom di Salon miliknya jalan Kyai Telingsing Kudus

Padahal minyak yang disekresikan kulit kepala tersebut berfungsi untuk melumasi kulit kepala agar tidak kering. Serta mencegah kotoran kotoran masuk kedalam kulit kepala yang tentunya akan merusak jaringan kulit. Imbasnya, kesehatan rambut juga akan terganggu.

Namun jika terlalu lama tidak dicuci, maka akan semakin banyak minyak yang keluar dan bercampur dengan kotoran. “Hal tersebut juga dapat mengakibatkan rambut berminyak dan dapat mengakibatkan ketombe serta kerontokan rambut,” jelasnya. (AYU KHAZMI/SUPRIYADI)