Bendera dari Bandung Berkibar di Trotoar

Pedagang bendera sedang menjajakan dagangannya di kawasan Tugu Johar (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Pedagang bendera sedang menjajakan dagangannya di kawasan Tugu Johar (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

KUDUS – Menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus, pedagang musiman mulai menjajakan bendera merah putih di pinggiran jalan. Meski rata-rata warga sudah punya bendera merah putih, tetapi masih banyak juga yang membeli baru.

Salah satu penjual bendera merah putih adalah Jajang Rohman. Dia datang langsung dari Bandung, Jawa Barat ke Kudus untuk berdagang bendera.Dia menjajakan barang dagangannya di kawasan Tugu Johar, Kudus.

”Berhubung di Jawa Barat sudah banyak yang berjualan pernakpernik agustusan, maka saya datang ke sini. Saya tidak hanya datang sendiri, tapi rombongan yang jumlahnya sekitar 60 orang. Mereka menyebar di beberapa titik strategis di Kudus,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan momen perayaan hari kemerdekaan, nantinya banyak bendera yang terjual. Karena berjualan bendera merah putih, merupakan musiman.

“Ya mudah- mudahan penjualan ini bisa laku keras seperti tahun kemarin.Sebab, tahun lalu bisa meraup keuntungan bersih Rp 3 juta dalam 2 pekan, mulai awal agustus hingga pertengahan bulan,”katanya.

dirinya juga mengatakan, biasanya, rekan-rekannya berjualan bendera ketika momen HUT Kemerdekaan RI tidak hanya di pulau Jawa saja, bahkan ada yang sampai ke Aceh, Papua, Kalimantan dan Sumatera (EDY SUTRIYONO/KHOLISTIONO)