Hati-hati, Kulit Ari Bisa Rusak Karena Handuk Kasar

ilustrasi membersihkan muka dengan handuk

ilustrasi membersihkan muka dengan handuk

KUDUS – Mencucuci muka merupakan hal dasar yang dilakukan oleh hampir seluruh orang terutama wanita. Baik menggunakan sabun khusus maupun hanya dengan membasuhnya menggunakan air. Agar tidak membasahi pakaian, atau ingin buru-buru menggunakan makeup biasanya seseorang sering mengelap memakai kain atau tisu.

Kebiasaan mengeringkan muka tersebut, sebenarnya juga sangat baik untuk menghilangkan air yang kemungkinan masih membawa kotoran yang terangkat dari muka. Akan tetapi, tidak semua pengering dapat digunakan.

Dwi Yhunianto, Wakil Manajer Larissa Aesthetic Center Kudus mengatakan, banyak pasien yang datang dan mengeluhkan kulit muka mengelupas serta kasar. “Dan ditemukan kesalahan saat selesai mencuci muka, banyak yang menggunakan handuk kasar untuk membersihkan sisa air,” ujarnya.

Padahal kesalahan tersebut justru dapat merusak jaringan kulit luar atau kulit ari wajah. Kulit ari memiliki fungsi penting bagi kulit untuk menahan kotoran dari luar agar tidak masuk kejaringan kulit dibawahnya.

“Karena bergesekan dengan permukaan handuk yang cenderung kasar maka kulit ari makin lama akan terkelupas. Selain membuat kulit kering juga membuat kulit menjadi kasar,” paparnya.

Untuk itu dianjurkan mengusap muka dengan menggunakan kain yang halus dan tidak menghapusnya dengan cara digosok.

“Yang benar ketika menggunakan kain atau bahan lembut lain sebaiknya dengan cara ditepuk-tepuk dengan cara perlahan, “pungkasnya. (AYU KHAZMI/SUWOKO)